Beginilah cara memulai bisnis web hosting yang sukses
Beginilah cara memulai bisnis web hosting yang sukses

Membuka sebuah usaha untuk berniat menjadi seorang wirausaha yang sukses dan nggak setengah-setengah itulah hakikat sebenarnya Entrepreneur. harus berani dan mempunyai tekad yang kuat serta menyadari perjalanan membuat sebuah usaha itu memang nggak semuanya mulus, pasti ada beberapa goncangan yang melatih kita terbiasa menjadi pekerja keras.

Berbicara tentang Web Hosting, maka kita akan berbicara tentang bisnis yang memanfaatkan media internet sebagai peluang usaha, dimana sebuah website akan disimpan disebuah tempat penyimpanan digital yang nantinya dapat ditampilkan di dunia internet.

waahh, tentu saja ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan, dimana kata Jack Ma seorang Founder dari Ali Baba Group didalam sebuah seminarnya, ia mengatakan: ” Kuasailah teknologi internet, karena ini hanya bertahan sampai 30 tahun, dan setelah 30 tahun maka itu adalah Era Internet. sama halnya dengan Industri, ia hanya akan bertahan sampai dengan 30 tahun.

Tidak banyak yang mengenal dan bertahan di bisnis ini disebabakan oleh beberapa hal. inilah hal penting yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha web hosting:

  • Mental dan Realistis

Menggeluti dibidang pekerjaan web hosting tidak semata akan langsung sukses secara instan, walaupun kita tahu sangat banyak keuntungan yang akan kita dapat dalam menjalan kan bisnis ini. keberanian kita itu tidak tetap,terkadang kita hari ini berani, belum tentu besok akan merasakan hal yang sama, dan oleh karena itu kita membutuhkan tekad yang kuat dalam menggeluti usaha web hosting ini. selain itu juga, seperti yang admin tuliskan di artikel sebelumnya yakni inilah keuntungan menjadi wirausaha. semakin tinggi sebuah pohon, maka akan semakin kuat angin yang akan menumbangkan pohon tersebut, jadi kita harus realistis, bahwasanya sewaktu-waktu pohon itu akan tumbang karena akar nya mati atau lapuk. perkuat diri dan berfikirlah realistis.

  • Pengetahuan tentang web dan hosting

kenapa harus saya bedakan?? jelas itu berbeda, kalau website adalah sebuah bangunan sendang kan hosting adalah sebidang tanah. kita harus menguasai 2 hal ini. seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya tentang Apakah yang dimaksud dengan website??. silahkan baca dan fahami, karena sudah saya gunakan bahasa yang gamblan gagar mudah difahami. maka selanjutnya apakah itu hosting? hosting adalah media penyimpanan website. bisa dibaca di artikel sebelumnya tentang Apakah yang dimaksud dengan hosting??. ketika kamu dihadapkan masalah dengan sebuah website, maka kamu bisa troubleshooting dan memperbaikinya. begitu juga apabila kamu mendapat kan masalah tentang hosting, maka kamu pun akan siap. jadi initinya seorang pengusaha web hosting harus lah mengerti kedua hal tersebut, sehingga pelayanan kita terhadap klien/pelanggan menjadi maksimal. ataupun jika kamu hanya menguasai salah satunya atau tidak mengerti salah satunya, kamu bisa merekrut tim yang mengerti tentang bidangnya masing-masing.

  • Memiliki Inventaris dan modal

Menjalankan bisnis web hosting sejatinya harus bertahap, sehingga memungkin pengusaha untuk dapat memilki planning dalam membuat catatan modal dan inventaris usaha. jika kamu masih pemula dan baru menggeluti bisnis web hosting ini, maka modal pertama tidak lah terlalu besar. kamu setidaknya memilki modal untuk membeli reseller hosting, jika klien kamu sudah sekitaran 10 website atau lebih, jadi disarankan untuk membeli reseller hosting. reseller hosting sekarang sekitaran 1.2 Juta (satu juga dua ratus ribu :D) ditambah mungkin untuk stok pembelian Domain kira-kira 800ribu dengan total modal sekitaran 2juta, kamu sudah memiliki space/kapasitas hosting sekitaran 20 GB dan . jika 10 website, maka yang terpakai sekitaran 12 GB, dan keuntungan 1 website biasanya adalah sekitaran 500rbu/hosting -tahunan. tinggal hitung aja berapa keuntungan yang didapatkan pertahunnya?? ada Laba?? pasti ada, 2 kali lipat yang kita gunakan untuk usaha.
sedangkan untuk inventaris, kamu hanya membutuhkan 1 laptop untuk dioperasikan dan koneksi internet. koneksi internet termurah sekarang adalah Andriod, kamu tinggal gunakan hotspot. sehingga kamu bisa mengatur kuotamu perbulannya. atau bisa juga menggunakan modem.

  • Promosi / Marketing

Pada prinsipnya, marketing adalah nyawa dari sebuah usaha, jika cara pemasarannya biasa-biasa saja, maka yang didapat juga biasa-biasa saja. kamu membutuhkan strategi marketing yang luar biasa untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. kamu bisa saja merekrut seorang marketing handal untuk menawarkan jasa web hostingmu. cara selanjutnya bisa juga menggunakan sosial media. yaaa, sosial media tempat orang ngumpul dan berdiskusi. kalau kamu mau jual peralatan rumah tangga, maka carilah sekelompok ibu-ibu yang lagi ngumpul, maka itu adalah sasaran yang tepat. dimana tempat yang ramai, disitu mangsa marketing paling empuk untuk dijalankan. selanjutnya kamu bisa menawarkannya lewat website pribadi. kamu bisa buat website dari space hosting yang kamu beli tadi, dan design website promosimu semenarik mungkin dan bergabunglah diberbagai forum-forum untuk menawarkan jasa webhostingmu.

  • Berikan Supprot Bantuan 24 Jam

Para klien sering mengeluhkan lambat atau sampai tidak adanya bantuan dari pihak hosting untuk permasalahan website mereka, padahal itu adalah tanggung jawab pihak hosting, bagaimanapun mereka menyewa ditempat kita dan mereka bayar, jadi haruslah kita support sampai 24 Jam. layanan ini sangat penting untuk keberlangsungan komunikasi kita terhadap seluruh klien kita. ingat !! klien kita itu sahabat bisnis kita, jangan kecewakan mereka.

  • Berikan Layanan Backup data

Kecerobohan dalam mengelola data website itu sudah tidak umum, ada yang pemula sampai yang senior pasti pernah mengalami data terhapus. maka kita sebagai pihak penyedia web hosting, harus memberikan layanan backup data harian untuk klien dan ini layanan ini sangat jarang ada pada seluruh penyedia web hosting, dengan adanya backup data harian  memungkinkan klien terbantu dalam masalahnya.

  • Berikan Diskon di Hari besar

Majunya usaha kamu, bukan semata-mata karena dirimu sendiri, tetapi adanya mitra yang memakai jasamu. jadi berikanlah sesekali diskon hosting atau domain kepada mitra kamu atau pelanggan baru kamu. jika mereka senang dengan layanan kamu, maka kamu nggak perlu repot-repot promosi sana sini. karena jasamu sudah dipromosikan klien kamu.

Bagaimana Teknis Menjalankan usaha web hosting???

  • Untuk Pemula, disarankan jangan langsung membuka bisnis web hosting. tetapi buatlah usaha jasa pembuatan website, yang mana jika klien kamu sudah mencapai 10 website, kamu sudah punya modal untuk membeli reseller hosting.
  • Jika pendapatan kamu mulai bertambah, kamu bisa mencoba layanan VPS (Private Virtual Server) kamu bisa baca di artikel sebelumnya yakni Perbedaan Shared Hosting dan VPS. dengan VPS kamu bisa mengelola website dengan jumlah banyak dengan spesifikasi OS Virtual yang ditentukan. dengan VPS , Space hosting dan Bandwitch kamu akan semakin besar.
  • Dan apabila VPS sudah tidak lagi mencukupi, kamu bisa mencoba DS (Dedicated Server), dan yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menguasai bagaimana cara mengoperasikan shared hosting dan VPS.
  • Sama halnya dengan DS, kamu juga bisa mencoba CS (Colocation Sever) dimana kamu bisa menitipkan server kamu di Data Center.
mungkin itu beberapa kiat-kiat menjalankan bisnis web hosting, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahakan Subscribe, Komentar dan Share 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *