Riauwebhost Indonesia

Menentukan Talent dan Metode Marketing yang tepat

Menentukan Talent dan Metode Marketing yang tepat

Berapa orang yang anda butuhkan untuk menjalankan aktifitas marketing? 1 orang atau 2 orang? apakah 1 orang cukup untuk menjalankan online dan offline marketing secara bersamaan? yuk kita bahas!! kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang perbedaan digital marketing dan offline marketing. sekarang kita akan membahas talent apa saja untuk membantu anda melakukan aktifitas digital marketing tersebut. semoga dengan tulisan ini anda sudah mulai bisa merincikan SDM apa yang anda butuhkan dan metode marketing mana yang ingin anda lakukan untuk bisnis anda. kira-kira berapa banyak SDM yang anda butuhkan untuk mempromosikan produk anda? apakah 1 orang saja cukup untuk menjalankan online dan offline marketing secara bersamaan? jawabnnya, tentu saja cukup. tapi jika anda memiliki dana lebih atau anda ingin lebih agresif lagi, anda bisa saja membentuk 1 tim khusus untuk digital marketing. Misalnya 1 orang khusus untuk sosial media, 1 orang untuk email marketing, 1 orang lagi khusus untuk copywriting.

nah, kira-kira skill apa saja untuk menjadi seorang marketer yang hebat?

sebenarnya ada banyak sekali skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketer, tapi ada 2 yang utama untuk dikuasai.

  1. Communication Skill, Seorang marketer yang hebat harus bisa mengkomunikasi pesan kepada orang banyak.
  2. Creative Thinking, Seorang Marketer harus mempunyai ide-ide innovatif supaya orang mengerti pesan yang disampaikan.

lalu, anda ingin mengerjakan aktifitas marketing sendiri atau dengan vendor?

sebenarnya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. jika anda mengerjakanya sendiri, maka costnya lebih murah, tapi jika anda ingin melakukan aktifitas marketing yang lebih besar, anda juga butuh orang yang lebih banyak. jika anda bekerjasama dengan partner, anda tidak perlu susah-susah lagi mencari tim. dan biasanya Digital Agency memiliki ide-ide yang lebih creative karena mereka biasa bekerjasama dengan brand-brand lain. Nah, setelah mengetahui skill dan pengetahuan apa saja yang dibutuhkan, kira-kira channel mana yang anda gunakan? digital marketing atau offline marketing? idealnya anda harus menggunakan kedua-duanya. tapi saran saya jika audiens anda lebih banyak di digital, maka digital marketing yang akan menjadi prioritas, lalu kemudian baru offline marketing. Sebagai contoh, anda memiliki bisnis makanan. untuk kegiatan digital marketing, anda dapat meng-upload foto-foto anda di sosial media dan menyebarkan ke teman-teman terdekat anda. untuk offline marketing, mungkin anda akan menyebarkan brosur-brosur ke komunitas terdekat supaya produk anda diketahui oleh masyarakat sekitar. demikianlah pembahasan kita untuk SDM digital marketing dan offline marketing. berikutnya kita akan membahas tentang target audiens.

Baca Juga :  Memahami Digital Marketing untuk bisnis anda
Kembali
Telpon
WhatsApp
Telegram
Messenger
Email